Wujudkan Pemilu 2024 Damai, PPK Karangtengah Adakan Deklarasi

SHARE

Karangtengah – Tidak lama lagi Pemilu 2024 akan memasuki tahap yang melibatkan masyarakat banyak yaitu Masa Kampanye yang berlangsung mulai 28 Nopember 2023 sampai dengan 10 Februari 2024.   Untuk menciptakan situasi dan kondisi yang damai, tertib dan berintegritas dalam masa kampanye, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Karangtengah mengadakan deklarasi pemilu 2024 pada Selasa (21/11/2023) bertempat di Aula Kantor Kecamatan Karangtengah yang dihadiri semua Penyelenggara dan Peserta Pemilu yaitu Forkopimcam, MUI Kecamatan, Banwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD), Panitia Pemungutan Suara (PPS), KNPI serta perwakilan partai politik peserta Pemilu 2024 tingkat kecamatan.

Ketua PPK Karangtengah, Wawan Hermawan, menjelaskan bahwa acara Deklarasi Pemilu Damai, Tertib dan Terintegrasi merupakan ide dan inisiatif PPK yang disepakati juga oleh Panwaslu Kecamatan Karangtengah.  “Dalam juknis kegiatan PPK, tidak ada deklarasi.  Namun supaya pelaksanaan Pemilu di Karangtengah berjalan dengan damai, lancar, tertib, berintegritas sehingga sukses tanpa ekses, maka diadakanlah deklarasi”, ujarnya.

Sementara itu, Forkopimcam Karangtengah yang dipimpin langsung Camat, Dudi Suryadi, S.STP, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada PPK Karangtengah yang telah  melaksanakan Deklarasi Damai Pemilu 2024.  “Berdasarkan data dan laporan, baru PPK Kadungora dan Karangtengah yang telah melaksanakan deklarasi damai pemilu.  Mudah-mudahan dengan adanya deklarasi, pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar, tertib dan kondusif sampai akhir pelaksanaan”, katanya.

Ketua Panwaslu Kecamatan Karangtengah, Saripfudin, menyambut baik pelaksanaan Deklarasi Damai Pemilu 2024 Tingkat Kecamatan.  “Mudah-mudahan tahapan-tahapan Pemilu berjalan lancar sesuai ketentuan yang berlaku, termasuk masa kampanye yang akan segera berlangsung mulai 28 Nopember 2023 sampai dengan 10 Februari 2024”, tambahnya.

Dalam acara tersebut, PPK Kecamatan Karangtengah bersama semua unsur Penyelenggara dan Peserta Pemilu Tahun 2024 telah melaksanakan Deklarasi Damai Pemilu 2024 tingkat Kecamatan Karangtengah dengan menandatangai pernyataan sebagai berikut:

  1. Siap mengikuti Pemilu 2024 secara jujur, adil, santun dan bermartabat.
  2. Siap bekerja sama dengan penyelenggara dan pengawas Pemilu 2024, untuk tidak mengangkat isu-isu berbau SARA, hoaks, dan provokasi.
  3. Siap bekerja sama dengan aparat kepolisian dan TNI, untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, aman, dan damai pada Pemilu 2024 di Kecamatan Karangtengah, serta dapat mengendalikan massa pendukung masing-masing, dan mendukung tindakan tegas aparat penegak hukum sesuai peraturan perundang-undangan.
  4. Siap menerima hasil penghitungan suara Pemilu 2024 berdasar keputusan PPK Kecamatan Karangtengah atas nama KPU Kabupaten Garut.
  5. Siap mewujudkan Pemilu 2024 di Kecamatan Karangtengah berjalan secara aman, damai, dan sukses, serta turut memelihara situasi kamtibmas yang kondusif.
  6. Siap menolak politik identitas yang mengarah pada ujaran kebencian.

Karangtengah, 21 Nopember 2023
PPID Kecamatan Karangtengah