Hujan Deras Selama Dua Hari, Menyebabkan TPT Jalan Desa Kp. Sindangpalay Desa Sindanggalih Ambruk

SHARE

Karangtengah – Memasuki awal musim kemarau pada bulan Mei, ternyata masih terjadi hujan cukup deras yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Garut termasuk Kecamatan Karangtengah pada Kamis-JUm’at (23-24/5/2024).  Saking lamanya hujan tersebut menyebabkan ambruknya 4 titik TPT Jalan Desa Sindanggalih penghubung dengan Desa Sukamukti Kecamatan Sukawening yang terletak di Kampung Sindanggpalay, sehingga jalan tersebut ditutup sementara untuk kendaraan roda empat.

Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, ketika melakukan pengecekan lokasi kejadian bersama Kades Sindanggalih menjelaskan bahwa hujan selama dua hari secara terus menerus sangat mengkhawatirkan terjadi bencana di wiayah Kecamatan Karanagtengah.  “Dan ternyata benar, pada Sabtu (25/5/2024) kami mendapat laporan dari Satgas Bencana Desa telah terjadi bencana longsor di 3 Desa yaitu Kp. Nyalindung dan Kp. Cihanja Desa Caringin, Kp. Jambudipa Desa Cintamanik, dan termasuk yang paling cukup parah jalan desa Sindanggalih di Kp. Sindangpalay ini”, jelasnya. “Alhamdulillah tidak terjadi bencana yang menimpa rumah warga, hanya terjadi di fasilitas umum dan jalan desa saja”, pangkasnya.

Sementara Kades Sindanggalih, Encang, membenarkan bahwa akibat longsornya beberapa titik TPT jalan desa di Kp. Sindanggpalay ini maka sementara jalan ditutup untuk melintasnya kendaraan roda empat.  “Saya tidak mengira kejadian hujan terus menerus selama dua hari, mengakibatkan ambruknya TPT dan bisa saja menyambung ke jalannya.  Namun karena jalannya terbuat dari beton masih kuat”, ujarnya.

Berdasarkan hasil  pengecekan lokasi kejadian, Satgas Penanganan Bencana Kecamatan Karangtengah menyampaikan laporan sekaligus permohonan bantuan bronjong untuk menahan tebing tanah yang longsor.

Karangtengah, 25 Mei 2024
PPID Kecamatan Karangtengah