TP PKK Garut Terima Studi Tiru TP PKK Bengkulu Selatan di Desa Cinta - Karangtengah

SHARE

Karangtengah – Dalam rangka peningkatan peran dan kinerja,  TP PKK Kabupaten Bengkulu Selatan melakukan studi tiru ke TP PKK Kabupaten Garut bertempat di Kantor Desa Cinta Kecamatan Karangtengah pada Rabu (1/11/2023) yang diterima langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra bersama Pengurus TP PKK Kabupaten Garut.

Ketua 1 Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Kabupaten Garut,  dr. Hj. Hani Firdiani Helmi Budiman, dalam penerimaannya menyampaikan terima kasih atas dipilihnya Desa Cinta Kabupaten Garut sebagai tempat studi tiru TP PKK Kabupaten Bengkulu Selatan.  Hal ini tidak terlepas dari prestasi membanggakan Desa Cinta sebagai Juara 1 Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Propinsi dan Juara 3 untuk Tingkat Nasional Regional 2 Tahun 2023. “Dengan kedatangan tamu dari luar Propinsi Jawa Barat, khususnya dari Kabupaten Bengkulu Selatan ini, diharapkan banyak masyarakat Indonesia mengenal lebih jauh keunggulan Kabupaten Garut. Selain kulit Sukaregang, Cipanas, dodol dan chocodot, juga dikenal wisata kuliner lainnya yang saat ini sudah berkembang diantaranya baso aci dan seblak asli Garut”, ujarnya.  

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. H. Bambang Hapid A, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa berbagai keunggulan dan inovasi Desa Cinta sehingga menjadi Juara 1 Lomdeskel Tahun 2023 ini baik Tingkat Kecamatan, Tingkat Kabupaten, sampai Tingkat Propinsi Jawa Barat, dan untuk Tingkat Nasional Regional 2 menjadi Juara 3 karena kalah oleh desa di Bali dan Yogyakarta, sudah dijadikan percontohan oleh semua desa di Kabupaten Garut dan sekarang sedang berlomba-lomba untuk meniru keunggulan Desa Cinta.

“Semua desa sebenarnya mendapat anggaran yang mencukupi baik dari Kabupaten, Propinsi maupun Pemerintah Pusat.  Namun penerapan sistem pengelolaan keuangan yang belum optimal, termasuk belum didukung leadership atau kepemimpinan dari kepala Desanya maka belum semua desa maju seperti Desa Cinta ini”, katanya.
“Ada satu hal yang perlu dicatat, Desa Cinta bisa menonjol dan maju karena dukungan dari TP PKK Desa Cinta.  Maka kegiatan studi tiru TP PKK Kabupaten Bengkulu Selatan ke TP PKK Desa Cinta, tepat sekali”, tambahnya.

Berdasarkan keterangan Ketua TP PKK Bengkulu Selatan, Ny. Nurmalena Gusnan SE, yang datang melaksanakan studi tiru ke Desa Cinta, tidak hanya pengurus TP PKK Kabupaten saja tapi juga perwakilan TP PKK Kecamatan, dan TP PKK Desa serta SKPD terkait diantaranya Dinas LH yang akan meniru pengolahan sampah Desa Cinta. “Maka kiranya jangan dirahasiakan keungulan-keunggulan Desa Cinta, kami akan meniru dan mencoba diterapkan di Kabupaten Bengkulu Selatan”, katanya.

 

Penerimaan studi tiru TP PKK Kabupaten Bengkulu Selatan dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Garut bersama TP PKK Kecamatan Karangtengah, dan TP PKK Desa Cinta. Setelah acara penerimaan di Aula Desa Cinta, dilanjutkan kunjungan ke KWT Kampung Nangewer yang sudah mengembangkan pengolahan sampah melalui daur ulang dan penerapan Program Harum Madu.

Karangtengah, 1 Nopember 2023
PPID Kecamatan Karangtengah