Social Enterprise Jadi Andalan Desa Cinta pada Lomba Desa Tingkat Propinsi Jawa Barat Tahun 2023

SHARE

Social Enterprise Jadi Andalan Desa Cinta pada Lomba Desa Tingkat Propinsi Jawa Barat Tahun 2023
Karangtengah – Desa Cinta Kecamatan Karangtengah menjadi peserta pada Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Propinsi Jawa Barat Tahun 2023 yang penilaian administrasinya diselenggarakan di Fave Hotel Garut pada Selasa (6/6/2023).
Sekdis DPMD Kabupaten Garut,  Erwin Rianto Nugraha, menjelaskan berdasarkan hasil yang masuk per tanggal terakhir 27 Mei 2023 itu ada 10 kecamatan. Setelah dievaluasi maka yang berhak adalah Desa Cinta Kecamatan Karangtengah untuk mewakili Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Propinsi Jawa Barat Tahun 2023.


“Kriteria yang akan dinilai itu yang pertama administrasi yang kedua inovasi. Kalau infrasturktur hanya penunjang tetapi yang paling penting ruh dari pada lomba itu adalah bagaimana tatakelola pemerintah keseharian yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa itu sendiri itu ruhnya”, ujar Erwin.
Sementara Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, S.STP, M.Si, menerangkan bahwa sesuai surat DPMD Kabupaten Garut, hasil evaluasi sekaligus penilaian perkembangan Desa se-Kecamatan Karangtengah Tahun 2022 telah disampaikan dan Desa Cinta sebagai Juara 1 dengan kategori cepat berkembang disertai inovasi penerapan dan penguatan kegiatan gotong royong dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dan berdampak langsung terhadap masyarakat.  Diantaranya pembuatan jalan yang akses ke wilayah perkebunan secara swakelola, tambahnya.


Hal ini dipertegas oleh Kepala Desa Cinta, Gaos Hamdani, yang menjelaskan bahwa dalam rangka mewujudkan stabilitas ekonomi dan sosial di desanya, selama menjabat sebagai Kepala Desa, dalam RPJMDesa tercantum kegiatan pembangunan yang mengikutsertakan masyarakat secara swakelola dan gotong royong.  “Kalau hanya mengandalkan dana bantuan pemerintah, tidak akan maksimal hasilnya.  Makanya kami mencanangkan social enterprise guna mensukseskan program pembangunan di Desa Cinta, “ kata Kades.  
Pada acara penilaian administrasi Lomba Desa/Kelurahan berlokasi di Garut, yang diundang 6 Kabupaten/Kota yaitu:
1.    Kabupaten Garut
2.    Kabupaten Bandung Barat
3.    Kabupaten Bandung
4.    Kabupaten Sumedang
5.    Kota Bandung
6.    Kota Cimahi

Karangtengah, 6 Juni 2023
PPID Kecamatan Karangtengah