Social Enterprise Menjadikan Desa Cinta Juara 1 Lomba Desa Tingkat Propinsi Jawa Barat Tahun 2023

SHARE

Karangtengah – Setelah melalui tahapan-tahapan yang cukup panjang mulai dari upload dokumen-dokumen penyelenggaraan Pemerintahan Desa, ekspose regional Tingkat Propinsi di Fave Hotel Garut, masuk 5 besar, ekspose Tingkat Propinsi di Gedung PKK Propinsi Jawa Barat, masuk 3 besar, dan terakhir penerimaan Tim Klarifikasi Lapangan, akhirnya Desa Cinta ditetapkan sebagai Juara 1 Lomba Desa Tingkat Propinsi Jawa Barat Tahun 2023 oleh Panitia pada Senin (26/6/2023).

Kepala Desa Cinta, Gaos Hamdani, sangat bersyukur dan tidak menyangka pelaksanaan program unggulan Social Enterprise di desanya menjadikan Desa Cinta mengalahkan  2 desa yang masuk 3 besar yaitu Desa Taringgul Tonggoh Kabupaten Purwakarta, dan Desa Cimenyan Kabupaten Bandung, ujarnya. 


“Sebagaimana saya sampaikan sebelumnya, bahwa dalam rangka mewujudkan stabilitas ekonomi dan sosial di desanya, selama menjabat sebagai Kepala Desa, dalam RPJMDesa tercantum kegiatan pembangunan yang mengikutsertakan masyarakat secara swakelola dan gotong royong.  “Kalau hanya mengandalkan dana bantuan pemerintah, tidak akan maksimal hasilnya.  Makanya kami mencanangkan social enterprise guna mensukseskan program pembangunan di Desa Cinta”, kata Kades.
  
Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu desa kami dalam lomba desa terutama Pak Bupati Garut, SKPD terkait terutama DPMD juga Kecamatan Karangtengah. Tanpa bimbingan, arahan dan bantuan tidak mungkin Desa Cinta Juara 1 Lomba Desa Tingkat Kabupaten Garut dan Propinsi Jawa Barat Tahun 2023 ini, tambahnya.


Sementara Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, S.STP, M.Si, beserta pegawai kecamatan menyampaikan selamat kepada Kepala Desa, BPD, Perangkat Desa, LKD serta tokoh masyarakat atas prestasi yang sangat membanggakan bagi Kecamatan Karangtengah juga Kabupaten Garut. Namun tentunya perjalanan Pemerintahan Desa Cinta yang berkolaborasi dengan semua stakeholder belum selesai, karena sesuai ketentuan akan berlanjut ke Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2023 mewakili Propinsi Jawa Barat, tambahnya.
Berdasarkan surat pemberitahuan dari Kementerian Dalam Negeri tentang Pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional Tahun 2023, terbagi 5 tahap yaitu:
1.    Penilaian Administrasi : 3 – 11 Juli 2023
2.    Klarifikasi Lapangan : 12 – 31 Juli 2023 (5 Desa/Kelurahan terbaik)
3.    Pleno Hasil Klarifikasi Lapangan : 3 – 4 Agustus 2023
4.    Pemaparan Calon Juara : 8 – 11 Agustus 2023 (3 Desa/Kelurahan terbaik)
5.    Penetapan Juara : 14 Agustus 2023