KWT Harum Sari Desa Sindanggalih Terima Tim Penilai Lomba Harum Madu

SHARE

Karangtengah – Sesuai jadwal yang telah ditetapkan Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Kelompok Wanita Tani (KWT) Harum Sari yang berlokasi di Perumahan Sehat Kampung Ancol Desa Sindanggalih menerima Tim Penilai Lomba Harum Madu Tingkat Kabupaten Garut pada Jum’at (21/7/2023).  Penerimaan dipimpin lansung oleh Camat Karangtengah dan dihadiri Danposramil, TP PKK Kecamatan, MUI serta Kepala Desa Sindanggalih.


Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, S.STP, M.Si pada saat penerimaan menyampaikan sejarah dan latar belakang dibangunnya Perumahan Sehat Kampung Ancol Desa Sindanggalih sebanyak 25 unit rumah layak huni dilengkapi PSU oleh Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Garut Tahun 2020 yang dilanjutkan oleh Desa Sindanggalih untuk pengadaan saluran air bersihnya pada Tahun 2022.   Alhamdulillah sejak Desember 2022, rumah sehat sudah diisi warga Kampung Ancol yang dipindahkan karena lingkungannya padat, ujarnya. 
Dipilihnya Desa Sindanggalih sebagai salah satu Desa penerima program Nata Lembur  Disperkim tidak lepas dari prestasi yang membanggakan yaitu Juara 1 Program Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019, tambahnya.


Hal itu dibenarkan Kades Sindanggalih, Encang, yang mengatakan bahwa pembangunan Perumahan Sehat Kampung Ancol didampingi oleh Dana Desa Tahun Anggaran 2022 sehingga setelah disalurkannya air bersih dari sumber air Baturahong di kaki Gunung Piramida ke setiap rumah, para keluarga yang berhak segera mengisi rumah tersebut.  Dan alhamdulillah KWT Harum Sari yang baru dibentuk awal Tahun 2023 menjadi Juara 1 Lomba Harum Madu Tingkat Kecamatan Karangtengah dan mewakili kecamatan untuk lomba Tingkat Kabupaten Garut, jelasnya.
Tim Penilai Lomba Harum Madu T, Aden Kurniawan, SST., MP, mengatakan terkesan dengan penerimaan KWT Harum Sari dimana kedatangan disambut seni khas Kecamatan Karangtengah, pencak silat.   Apalagi setelah melakukan verifikasi lapangan ke setiap obyek  sudah kebun bibit, demplot pekarangan, dan disetiap rumah menanam beberapa sayuran guna memanfaatkan pekarangan setiap rumah.  Hal inilah yang menjadi tujuan dan harapan diterapkannya Program Harum Madu di Kabupaten Garut, jelasnya. 


Sementara itu Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Karangtengah, Mochamad Dikdik menambahkan bahwa KWT Harum Sari dibentuk pada Februari 2023 dengan 25 anggota yang diketuai oleh  Ibu Nunung Julaeha.   Dilihat dari umur, baru efektif sekitar 4-5 bulanan, dan apabila apabila diistilahkan “baru seumur jagung” .  Namun walaupun masih muda atau pemula, karena kesadaran, keinginan, dan semangat masyarakat, terutama para ibu-ibu KWT ini, alhamdulillah program Harum Madu bisa diterapkan semaksimal mungkin, tambahnya.  


Karangtengah, 21 Juli 2023
PPID Kecamatan Karangtengah