Jaga Kesehatan Petugas Pemilu, Kecamatan Karangtengah Gelar Senam Kebugaran

SHARE

Karangtengah – Seiring dengan semakin dekatnya tahap Pemilu Serentak 2024 yang akan dilaksanakan pada hari Rabu (14/2/2024), para petugas mulai PPK, Panwaslu Kecamatan, PPS, PKD, KPPS sampai PTPS terus disiapkan dan dimantapkan antara lain dengan jaga kesehatan melalui kegiatan senam kebugaran yang dilaksanakan oleh Puskesmas Karangtengah pada Jum’at (9/2/2024) bertempat di halaman SMPN 1 Karangtengah.

Kepala Puskesmas Karangtengah, Nurjaman, menjelaskan bahwa kegiatan senam tersebut merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Nomor 800.1.1/1872/Dinkes/2024 tanggal 30 Januari 2024 tentang Dukungan Bidang Kesehatan Pada Pemilu dan Pilkada 2024, dimana setiap Puskesmas dihimbau untuk mengadakan Senam Bersama Petugas Pemilu dalam rangka promotif dan preventif pada tanggal 2 dan 9 Februari 2024. Ia menambahkan, pada pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024, Puskesmas akan piket 24 jam dari H-1 sampai H+5. “Khusus bagi penyelenggara Pemilu, kami siap memberikan pelayanan kesehatan.  Mudah-mudahan semua petugas sehat dan dapat melaksanakan tahapan-tahapan pemilu dengan lancar”, ujarnya.
Sementara Camat Karangtengah, Dudi Suryadi bersama Kapospol dan Danposramil, menyambut dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas tersebut.  Adanya senam bersama seluruh petugas Pemilu, selain menjaga kesehatan juga menambah sinergitas dan kekompakan setiap petugas Pemilu mulai dari PPK, Panwaslu Kecamatan, PPS, PKD, PTPS sampai KPPS.  
“Dengan kekompakan antara penyelenggara dan pengawas, diharapkan semua saling membantu setiap tahap Pemilu, mulai penyiapan TPS sampai tahap pemungutan dan penghitungan hasil yang sangat ditunggu-tunggu semua pihak. Namun tetap mengacu pada ketentuan dan panduan Pemilu 2024”, tambahnya.
Berdasarkan data PPK Karangtengah, untuk pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Serentak 2024, telah diangkat dan dilantik sebanyak 364 orang KPPS untuk melaksanakan pemungutan suara di 52 TPS. Selain itu juga didukung 2 petugas Linmas di setiap TPS.  Sementara Panwaslu Kecamatan juga telah mengangkat dan melantik 52 orang sebagai Pengawas TPS. Jadi setiap TPS diawasi oleh 1 orang petugas.
Setelah melaksanakan senam, setiap petugas Pemilu dicek kesehatannya melalui program Skrining Riwayat Kesehatan (SRK) yang hasilnya akan dijadikan pemetaan resiko.  Berdasarkan petugas pelayanan skrining, rata-rata petugas Pemilu dalam keadaan sehat.

Karangtengah, 9 Februari 2024
PPID Kecamatan Karangtengah