Gebyar Peringatan HUT RI Ke-78, Ditandai Pawai Arak-arakan Setiap Desa

SHARE

Karangtengah – Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 Tingkat Kecamatan Karangtengah sangat berbeda dengan tahun yang lalu dimana sebelum dilaksanakan upacara pengibaran bendera, terlebih dahulu diramaikan dengan pawai arak-arakan setiap Desa di tempat upacara yang berlokasi di Pontren Al Jauhari Kampung Sangojar Desa Sindanggalih pada Kamis (17/8/2023).

Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, S.STP., M.Si, menjelaskan bahwa pawai arak-arakan dalam rangka peringatan HUT RI baru bisa dilaksanakan kembali tahun ini seiring dengan telah dicabutnya pandemi COVID-19.  “Masyarakat sudah merindukan dilaksanakan arak-arakan untuk menunjukan semangat mengenang jasa-jasa pahlawan kemerdekaan melalui pawai hasil pembangunan, kerajinan-kerajinan, juga seni-seni tradisional”, ujarnya.

Setelah pawai arak-arakan selesai, dilanjutkan dengan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di halaman Pontren Al Jauhari dengan peserta berasal dari perwakilan ASN, Linmas. Ormas, juga pelajar SMP/SMA/SMK Kecamatan Karangtengah. Adapun yang bertindak sebagai inspektur upacara  adalah Camat Karangtengah dan Paskibra Pontren Al Jauhari sebagai pengibar bendera.  Hadir pula Pimpinan Pontren Al Jauhari, DR. KH Jujun Junaedi, M.Ag sebagai pembaca Teks Proklamasi, Anggota DPRD Fraksi PKS, Ir. H. Dede Salahudin sebagai pembaca Pembukaan UUD 1945, serta Danramil 1104/Sukawening, Kapten Arm Haryanto, sebagai pembaca Pancasila.


Sementara Sekmat Karangtengah yang ditunjuk sebagai Ketua Panitia PBHN Kecamatan, Devi Mutaqin, SIP mengatakan bahwa untuk menambah semangat dan motivasi peserta, arak-arakan setiap desa dilombakan dengan beberapa indikator penilaian dan yang menjadi Juara 1 adalah Desa Sindanggalih. Ia menambahkan bahwa selain arak-arakan, ada juga perlombaan-perlombaan lainnnya yaitu lomba posyandu, lomba tumpeng, lomba LKBB Linmas Desa dan Pelajar SD/SMP/SMA/K.

Karangtengah, 17 Agustus 2023
PPID Kecamatan Karangtengah