Forkopimcam Karangtengah Laksanakan Operasi Gabungan KRYD

SHARE

Karangtengah – Guna meningkatkan keamanan, ketertiban, dan kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, Forkopimcam Karangtengah melaksanakan Operasi Gabungan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) yang didahului dengan Apel Malam Gabungan berlokasi di halaman Puskesmas Karangtengah pada Sabtu (29/7/2023) dan dihadiri oleh Kapolsek Sukawening, Camat Karangtengah, Danposramil Karangtengah.  Adapun peserta apel terdiri dari Kasi Trantib Kecamatan beserta Satpol PP, Babinsa, Bhabinkantibmas, Linmas Desa se-Kecamatan Karangtengah. 


Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, S.STP, M.Si, dalam arahannya kepada peserta apel menjelaskan bahwa pelaksanaan Apel Gabungan Opsgab KRYD dilaksanakan rutin malam minggu di setiap Kecamatan se-Kabupaten Garut.  Hal itu berdasarkan kesepakatan Polres Garut dengan Pemkab Garut. Khusus Kecamatan Karengtengah dan Sukawening dilaksanakan secara bergantian karena masih dalam wilayah kerja Polsek Sukawening, ujarnya.   


Pelaksanaan Opsgab KRYD di setiap kecamatan sangat diperlukan seiring memasuki bulan Agustus yang selau diperingati dengan berbagai kegiatan dan perlombaan. Hal ini dapat terlihat dengan sudah mulainya kelompok masyarakat yang meminta sumbangan di pinggir jalan.  Hal ini sesuai Surat Edaran Bupati Garut, sudah harus ditertibkan dan jangan sampai mengganggu lalu lintas jalan, tambahnya.


Sementara itu Kapolsek Sukawening, IPTU Erwin Hermawan,S.IP, MH menjelaskan bahwa dilaksanakannya Opsgab KRYD di setiap kecamatan merupakan sinergitas dan kolaborasi instansi terkait baik Polres Garut, KODIM 0611/Garut,  dan Pemda Garut dalam rangka meningkatkan keamanan, ketertiban, dan kenyamanan bagi warga masyarakat Garut. Dengan pertimbangan situasi dan kondisi malam minggu yang selalu terjadi keramaian, maka Opsgab KRYD dilaksanakan setiap malam minggu.  Khusus di desa-desa, Satgas Linmas Desa merupakan ujung tombak, maka jangan sungkan-sungkan atau ragu-ragu melaporkan kejadian yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat kepada polisi, tambahnya.  


Apel Gabungan Malam berjalan tertib dan selain diikuti oleh Linmas Desa juga oleh Satpam dan perawat yang sedang piket malam di Puskesmas Karangtengah.  Setelah apel, para anggota Linmas melakukan monitoring trantib atau ronda di desanya masing-masing.