Antisipasi Longsor Lanjutan, Danramil 1104/Sukawening Pimpin Gerakan Penghijauan di Karangtengah

SHARE

Karangtengah – Seiring dengan mulainya musim hujan di wilayah Kabupaten Garut, Danramil 1104/Sukawening, Hariyanto,  pimpin langsung gerakan penghijauan yang berlokasi di wilayah rawan longsor dan banjir wilayah binaannya yaitu Kampung Cimasuk Desa Cintamanik Kecamatan Karangtengah pada Kamis (5/1/2024).

Danramil 1104/Sukawening menjelaskan pentingnya dilakukan penghijauan untuk mengembalikan dan meningkatkan efektivitas lahan agar dapat berfungsi dengan baik dan secara optimal sebagai pengatur tata air untuk mencegah banjir, longsor serta mencegah timbulnya pencemaran.  “Saat ini kita memasuki musim penghujan, sehingga penghijauan sangat relevan. TNI selalu berada di tengah-tengah masyarakat, memberikan solusi, dan membantu mengatasi kesulitan masyarakat”, ujarnya

Sementara Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, mengatakan bahwa Kampung Cimasuk Desa Cintamanik merupakan salah satu wilayah yang rawan longsor sesuai kondisi geografis daerah pegunungan yang  sebagiannya digarap masyarakat menjadi perkebunan sayuran. “Dengan adanya kegiatan penghijauan, lahan ini ke depannya diharapkan menjadi kuat dan tidak terjadi erosi dan dapat menjadi resapan sekaligus sumber air”, pangkasnya.

Kegiatan penghijauan tersebut dilakukan jajaran Koramil 0411/Sukawening bersama Kecamatan Karangtengah, UPTD Pertanian, Kepala Desa Cintamanik serta para pemuda Kampung Cimasuk.  Adapun tanaman yang ditanam berjumlah sekitar 90 bibit dari berbagai jenis pohon diantaranya suren, mahoni, alpukat, kopi, dan petai.