Tingkatkan Kesehatan Anak Sekolah, Puskesmas Karangtengah Lakukan Skrining

SHARE

Karangtengah – Guna memantau dan meningkatkan kesehatan anak-anak sekolah, Puskesmas Karangtengah terus melakukan kegiatan skrining kesehatan, diantaranya  di SMP IT dan SMA IT Yayasan As Syarif pada Senin (4/3/2024) berlokasi di sekolah yang terletak di Kp. Ragadiem Desa Cinta.

Berdasarkan penjelasan Kepala Puskesmas Karantengah, Nurjaman, tujuan skrining kesehatan adalah deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) bagi anak sekolah dan diharapkan dapat meningkatkan konsumsi tablet fe bagi remaja putri,  serta skrining anemia dan gula darah secara dini terdeksi. “Dilakukan kepada anak sekolah sangat penting sekali untuk tetap menjaga kesehatan para anak sekolah sehingga dapat mengikuti pembelajaran  sebaik mungkin dan dapat menjadi anak yang sehat sekaligus cerdas”, jelasnya.

Sekretaris Kecamatan yang hadir pada kegiatan tersebut, mengapresiasi terobosan Puskesmas Karangtengah.  “ Pentingnya skrining ini dilaksanakan jangan sampai hal-hal kecil yang belum diketahui dapat berakibat fatal dalam hal kesehatan untuk masa depan anak-anak sekolah’, ujarnya.

Remaja putri memang mudah terkena anemia yang ditandai dengan tubuh mudah lemas ataupun mudah pingsan, karena mengalami menstruasi. Untuk itu tablet penambah darah dibutuhkan untuk mengatasi anemia. Karena dampak anemia pada siswa dapat menyebabkan konsentrasi belajar menurun, prestasi belajar disekolah rendah, imunitaslebih rendah sehingga lebih rentah terhadap penyakit infeksi. Oleh sebab itu, untuk menghindari terjadinya hal tersebut maka UPT Puskesmas Karangtengah memberikan tablet penambah darah kepada remaja putri di sekolah tersebut.

Berdasarkan jadwal Puskesmas Karangtengah, kegiatan skrining anak sekolah akan dilaksanakan di seluruh SMP/M.Ts dan SMA/MA yang ada di wilayah Kecamatan Karangtengah.  Hal ini  sebagai salah satu wujud kepedulian Pemerintah terhadap generasi muda untuk menurunkan gejala anemia pada anak sekolah khususnya siswi/remaja putri, agar lahir generasi-generasi sehat, kuat serta cerdas.


Karangtengah, 5 Maret 2024
PPID Kecamatan Karangtengah