Hujan Deras Membuat Rumah Di Kampung Cirateun Desa Caringin Tertimbun Longsor

SHARE

Karangtengah – Curah hujan yang terus meningkat membuat satu rumah milik Sobur Gunawan yang terletak di Kampung Cirateun Desa Sindanggalih tertimbun longsor yang terjadi pada Kamis malam (29/2/2024).  Berdasarkan keterangan Satgas Penanganan Bencana Desa Caringin, longsor terjadi sekitar pukul 19.30 WIB dan baru dilaporkan kepada Satgas Kecamatan pada Jum’at pagi (1/3/2024) setelah dilakukan pengecekan langsung.  

Hal ini dibenarkan Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, yang setelah menerima laporan langsung turun ke lapangan untuk penanganan sementara. “Alhamdulillah tidak terjadi korban jiwa dan kerusakan rumah yang menghawatirkan. Hal ini karena longsoran tebing kebun pinggir rumah Saudara Sobur hanya menutup halaman rumahnya”, jelasnya.  Namun untuk menghindari pergeseran tanah longsor masuk ke dalam rumah, maka warga sekitar dibantu Satgas Desa dan Kecamatan segera bergotong royong membersihkan longsoran tersebut.

Selain ikut gotong royong, Satgas Kecamatan Karangtengah juga memberikan bantuan logistik untuk memberi semangat kepada keluarga korban berupa kasur, karpet, selimut, pakaian dewasa, makanan siap saji, dan peralatan dapur.
Kasi Kesra Kecamatan Karangtengah, Leni Maria Andriani, menjelaskan bahwa bantuan tersebut bersumber dari logistik Lumbung Sosial Kecamatan.  “Alhamdulillah stok masih ada namun tidak lengkap seperti sebelumnya. Terpal, karung dan beras sudah tidak ada lagi.  Kecamatan akan secepatnya mengajukan bantuan kepada BPBD Kabupaten dan juga Dinas Ketahanan Pangan”, ujarnya.

Dengan adanya kegiatan gotong royong dan penyerahan bantuan logistik tersebut, sangat disyukuri oleh keluarga korban.  Hal ini terlihat ketika mereka menerima langsung bantuan juga diberi semangat oleh Satgas Bencana Kecamatan Karangtengah.


Karangtengah, 4 Maret 2024
PPID Kecamatan Karangtengah