PT. PGE Area Karaha Terus Tambah Sumur Bor Guna Tingkatkan Produksi Listrik

SHARE

Karangtengah – Setelah sebelumnya, tepatnya bulan Nopember 2023, PT. PGE Area Karaha bekerja sama dengan PT. PRA melakukan pengeboran sumur baru Talaga 3.4, dilanjutkan kembali sumur bor Talaga 3.5 dengan lokasi yang sama yaitu di Kampung Patrol Desa Cinta Kecamatan Karangtengah.

Pengeboran sumur baru diawali dengan kegiatan do’a bersama bersama sekaligus penyerahan santunan yang dihadiri Manager PT. PGE, Manager PT. Plumpang Raya Anugrah (PT. PRA), Forkopimcam Karangtengah-Garut dan Kadipaten-Tasikmalaya, Kepala Desa Ring 1 serta para alim ulama dan tokoh masyarakat bertempat langsung di lokasi sumur pengeboran  pada Selasa (27/02/2022).

Pada saat pembukaan acara do’a bersama, GM Area Karaha Yanuaris Dwi Cahyono, menjelaskan bahwa keputusan dilaksanakannya pengeboran sumur baru dengan lokasi yang sama namun berjarak sekitar 7 m dari sumur sebekumnya,  berdasarkan kajian dari PT. PRA dimana panas bumi yang dihasilkan dari sumur bor sebelumnya cukup signifikan sehingga apabila disalurkan ke turbin akan meningkatkan daya atau tekanan dan pasti akan menambah energy listrik yang dihasilkan.

“Hal inilah yang telah kami laporkan ke Pertamina dan sudah diputuskan untuk kembali melakukan pengeboran baru dengan lokasi yang sama”, jelasnya. Dengan dilakukannya kegiata do’a bersama ini diharapkan proses pengeboran sumur dari awal sampai akhir lancer dan listrik yang dihasilkan bisa maksimal sesuai target.

Sementara, Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, dalam sambutannya menyatakan rasa bahagia dan bangga karena sinergitas PT. PGE dengan Pemkab Garut, khususnya Kecamatan Karangtengah, serta para alim ulama dan masyarakat dalam setiap langkah termasuk pengeboran sumur baru.  “Do’a bersama kita sebelumnya, alhamdulillaah dikabul oleh Alloh SWT sehingga sumur baru menghasilkan panas bumi yang signifikan untuk meningkatkan produksi listrik PT.PGE”, ujarnya.  


Berdasarkan penjelasan Field Manager PT. PRA, Sutarno, pengeboran sumur baru langsung dilaksanakan dengan pertimbangan efesiensi dan kalau hasilnya bagus maka akan menjadi dasar perencanaan ke depannya nanti. “Minta dukungan dan do’anya dari masyarakat, mudah-mudahan berhasil dan sukses”, ungkapnya.

Pada acara tersebut, juga sekaligus dilaksanakan penyerahan santunan secara simbolis yang diwakili Kepala Desa Dirgahayu Kabupaten Tasikmalaya.


Karangtengah, 28 Februari 2024
PPID Kecamatan Karangtengah