Peringatan Hari Santri Kecamatan Karangtengah 2022

SHARE

Karangtengah,Peringatan Hari Santri Tahun 2022, Kecamatan Karangtengah menggelar upacara Hari Santri, kegiatan tabligh akbar dan donor darah Tingkat Kecamatan di SMPN 1 Karangtengah, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut, Sabtu (22/10/2022).

Peringatan Hari Santri 2022 ini mengusung tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” .

Kegiatan ini melibatkan seluruh pondok pesantren dengan melaksanakan acara pokok yaitu upacara, juga dimeriahkan kegiatan tabligh akbar dan donor darah.

Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, S.STP, M.Si  mengatakan, Ini berdasarkan hasil musyawarah panitia Hari Santri Tahun 2022 yang berasal dari ikatan para santri/santriwati se-Kecamatan Karangtengah seminggu sebelum dilaksanakan upacara peringatan. 

“Alhamdulillah berjalan lancar, dihadiri Forkopimcan, TP PKK Kecamatan dan Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, Kepala Desa dan para santri pondok pesantren se-Kecamatan Karangtengah,” kata Dudi Suryadi.

Dikatakan Dudi, Tablig akbar dilaksanakan di halaman SMPN 1 Karangtengah langsung setelah selesainya upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 dengan mubalig Ustad Zamzam Lukmanul Hakim Dosen UIN Bandung yang berasal dari Desa Pasanggrahan Kecamatan Sukawening.

Begitu pula kata dudi, kegiatan donor bertempat di Aula SMPN 1 Karangtengah, dilaksanakan setelah selesainya upacara.

Sementara Itu, Ketua Panitia Peringatan Hari Santri Tahun 2022 Tingkat Kecamatan Karangtengah, Yasa, menjelaskan bahwa kegiatan upacara ini baru dimulai kembali setelah dua tahun sebelumnya tidak dilaksanakan akibat pandemi COVID-19.

“Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama, dilaksanakan dengan mengedepankan prinsip-prinsip kesederhanaan dan kekhidmatan.  Mudah-mudahan setelah lewatnya pandemi Covid-19, dapat dilaksanakan dengan meriah melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi semua umat,” katanya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Kecamatan yang juga selaku Ketua PMI Kecamatan Karangtengah, Devi Zaenal Mutaqin, S.IP, mengatakan bahwa kegiatan donor darah massal ini baru pertama dilakukan oleh PMI Kecamatan Karangtengah.

“Ini berdasarkan data pendonor, banyak yang baru sekali melakukan donor darah. Namun alhamdulillah berjalan dengan lancar,” katanya. 

Ditambahkan Devi, Program donor darah massal pun akan dilakukan berkelanjutan berbarengan dengan momen-momen atau peringatan hari besar yang banyak dihadiri peserta maupun undangan sehingga diharapkan menghasilkan banyak kantung darah yang benar-benar dibutuhkan saat ini. (*)