Camat Karangtengah Raih Penghargaan Pelunasan PBB Tahun 2021

SHARE

GARUT, Tarogong Kidul – Pemerintah Kabupaten (Garut) menggelar Apel Gabungan Terbatas, yang dilaksanakan di Lapangan Apel Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (27/9/2021).

Dalam kesempatan ini, Bupati Garut, Rudy Gunawan, memberikan penghargaan atas prestasi pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kepada 3 kecamatan, diantaranya adalah Kecamatan Karangtengah, Kecamatan Cisewu, Kecamatan Sucinaraja.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Garut mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada Camat Karang tengah, Cisewu, dan Sucinaraja yang tercepat telah membayar lunas PBB tahun 2021 ini," ujar Bupati.

Bupati Garut menuturkan, tinggal camat lainnya yang harus segera menyusul melunasi pembayaran PBB Tahun 2021 ini.

"Untuk mencapai target dan melunasi PBB ini tidak mudah tetapi harus dilakukan dengan berbagai cara," kata Bupati.

Sementara itu usai menerima penghargaan, Camat Karangtengah, Hj. Yanti Sugiharti, M.Si mengatakan, bahwa penghargaan dan prestasi pelunasan ini bukan tanpa upaya dan usaha.

Dibutuhkan adanya koordinasi, memberikan motivasi, dan pembinaan kepada para kepala desa di wilayah kerjanya yang harus terus menerus dilakukan. Termasuk pula sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya membayar PBB.

“Kiatnya kita memberikan motivasi kepada para kepala desa bahwa PBB itu merupakan kewajiban, Karena PBB itu untuk pembangunan, dan ujung tombaknya Kepala Desa dalam penagihan raihan target,” ucap Yanti.

Yanti memaparkan, bahwa sebagian dana yang diberikan kepada desa, salah satu sumbernya adalah dari pendapatan PBB.

“Bagaimana keberhasilan pembangunan, ditunjang dengan PBB. Dari rakyat untuk rakyat dan dikembalikan lagi kepada rakyat, itu yang menjadi motivasi, sehingga masyarakat pun menjadi paham dengan membayar PBB ini” ujarnya.

Yanti menambahkan, di Kecamatan Karangtengah sendiri memiliki target PBB tahun 2021 ini sebesar kurang lebih Rp 400 juta. Dan, di Bulan September ini sudah lunas dibayar 100 persen.

“Bangganya lagi, baru kali ini Kecamatan Karangtengah menerima pengharagaan tercepat lunas PBB setelah 17 tahun Karangtengah dijadikan Kecamatan.

"Saya ucapkan terimakasih untuk para kepala Desa, kolektor PBB sebagai garda terdepan dalam raihan PBB di Karang Tengah termasuk masyarakatnya. Penghargaan ini untuk pemerintah dan masyarakat Karangtengah,” pungkas Yanti Sugiharti.