BIAN di Kecamatan Karangtengah Mencapai 95 persen

SHARE

Karangtengah, Tahun 2022 ini Kemenkes RI mencanangkan program BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) untuk mengejar cakupan imunisasi rutin yang menurun signifikan akibat pandemi COVID-19.

Termasuk Kecamatan Karangtengah dan Puskesmas terus berupaya dan bekerja keras untuk mencapai target BIAN tersebut. Semua pihak terjun langsung ke balita sasaran program nasional Bulan Imunisasi Anak (BIAN), baik yang bisa datang ke posyandu-posyandu maupun ke rumahnya langsung.

Sampai dengan hari Selasa 6 September 2022  pencapaian sasaran BIAN di Kecamatan Karangtengah sebesar 95 persen atau sesuai target nasional yaitu minimal 95 persen. Hal ini  berdasarkan data dan penjelasan dari Kepala Puskesmas Karangtengah, A. Nurjaman Diningrum, S.Sos., S.Kep. M.Si.,” kata Camat Karangtengah Dudi Suryadi, S.STP, M.Si

“Hal ini terjadi atas terjalinnya sinergitas semua pihak yang terlibat vaksinasi BIAN baik Puskesmas, Kecamatan, Polsek, Koramil, Desa-desa, TP PKK Kecamatan dan TP PKK Desa serta kader-kader Posyandu setiap Desa sebagaimana sering diarahkan oleh Pak Bupati Garut kepada ASN pada setiap kesempatan,” katanya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Karangtengah, A. Nurjaman Diningrum, S.Sos., S.Kep. M.Si menambahkan Sesuai program, pelaksanaan vaksinasi kepada anak sekolah kelas 1 adalah jenis vaksin campak atau Measles dan Rubella (MR), kata Kapus Karangtengah.

“Selain pelaksanaan sweeping sasaran BIAN, Puskesmas Karangtengah pun telah melaksanakan program nasional Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) khusus anak SD/MI Kelas 1 di 20 SD Negeri/Swasta se-Kecamatan Karangtengah yang dimulai 5 sampai 6 September 2022,” pungkasnya