Pengawas TPS Pemilu Kecamatan Karangtengah Siap Sukseskan Pemilu Luber dan Jurdil

SHARE

Karangtengah –  Para Pengawas TPS Pemilu 2024 Kecamatan Karangtengah berikrar Siap Sukseskan Pemilu Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, dan Jujur serta Adil setelah dilantik oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Karangtengah pada pada Senin (22/1/2024) bertempat di Aula Kantor Kecamatan Karangtengah yang dihadiri pula oleh Forkopimcam dan MUI Kecamatan Karangtengah.

Dalam laporannya, Sekretaris Panwaslu Kecamatan, Otam Rustandi, menyampaikan laporan hasil seleksi Pengawas TPS sekaligus pembacaan Keputusan Ketua Panwaslu Kecamatan Karangtengah tentang Penetapan Pengawas TPS Pemilu Kecamatan Karangtengah yang berjumlah 52 pengawas sebagaimana jumlah TPS se-Kecamatan Karangtengah.

Selanjutnya dilaksanakan pelantikan oleh Ketua Panwaslu Kecamatan yang didahului dengan Pengucapan Sumpah/Janji, Penandatangan Berita Acara Pengambilan Sumpah/Janji dan diakhiri Pembacaan Pakta Integritas yang diwakili salah satu Pengawas TPS yang dilantik.

Ketua Panwaslu Kecamatan Karangtengah, Syaripudin, dalam sambutannya menjelaskan bahwa dilantiknya Pengawas TPS merupakan satu keharusan sebagaimana ketentuan Pasal 134 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.  ”Kalimat sumpah/janji yang saudara ucapkan tadi, hampir sama dengan kalimat sumpah/janji PNS yang dilantik. Ini menandakan pengakuan negara terhadap kedudukan penting saudara dalam pesta demokrasi pemilihan pejabat eksekutif dan legislatif yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali”, pangkasnya.

Sementara Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, mengapresiasi seleksi Pengawas TPS yang dilaksanakan secara normatif dan transparan.  “Saya masih ingat pada tahap wawancara di kantor Sekretariat Panwaslu Kecamatan, di saat hujan para peserta berkumpul dan dengan sabar menunggu diwawancara secara bergilir oleh panitia dan alhamdulillah hari ini, peserta yang lulus dilantik secara resmi oleh Panwaslu Kecamatan”, ujarnya.

“Pada saat Saudara dipercaya sebagai penyelenggara pemilu, khususnya pengawas pemilu, disitu harus buktikan Saudara bisa menjadi bagian yang ikut menentukan pelaksanaan suksesnya Pemilu 2024”, pungkasnya.
Setelah pelantikan, dilanjutkan dengan bimbingan teknis oleh Panwaslu Kecamatan bekerja sama dengan Banwaslu Kabupaten Garut. Dengan kegiatan tersebut, diharapkan para pengawas TPS memahami betul tugas dan fungsinya, mulai dari tahap perseiapan, pemungutan suara, penghitungan sampai pelaporan hasil.

Karangtengah, 22 Januari 2024
PPID Kecamatan Karangtengah