Lunas Sebelum Jatuh Tempo, Kecamatan Karangtengah Kembali Raih Penghargaan PBB-P2 Tahun 2023

SHARE

Karangtengah – Kecamatan Karangtengah kembali meraih Piagam Penghargaan Lunas PBB-P2 Tahun 2023 yang diserahkan Kepala Bapenda Kabupaten Garut dalam acara Anugerah  Pajak Daerah Tahun 2023 yang dilaksanakan di Fave Hotel-Garut Kamis (14/12/2023).

Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu lancarnya pelunasan PBB di Kecamatan Karangtengah Tahun 2023, khususnya para Kepala Desa,  dan petugas pemungut/kolektor, serta warga masyarakat yang taat membayar pajak tepat pada waktunya.  “Pelunasan tahun ini sama dengan tahun sebelumnya yaitu sebelum jatuh tempo bulan Oktober.  Namun untuk tahun 2023 ini lebih cepat satu bulan, yang mana tahun 2022 lunas bulan September, adapun tahun 2023 lunas bulan Agustus 2023”, ujarnya.

Hal ini dibenarkan Kasi Pemerintahan, Ade Juanda, bahwa pelunasan PBB Tahun 2023 lebih cepat dari tahun sebelumnya.  “Ini terjadi karena komitmen, sinergitas, dan kolaborasi bersama antara pihak Kecamatan Karangtengah dengan pihak desa-desa mulai saat penyerahan SPPT, penagihan, sampai penyetoran”, ungkapnya.  “Alhamdulillah tercapai juga pelunasan PBB sebelum jatuh tempo bulan Oktober, sesuai dengan target sebesar 411.361.669 rupiah dari 15.851 wajib pajak”, pungkasnya.

Berdasarkan data Kecamatan Karangtengah, setiap desa lunas pada bulan Agustus 2023 diawali Desa Sindanggalih dilanjutkan Desa Cintamanik, Desa Caringin, dan terakhir Desa Cinta.

Pada acara Anugerah  Pajak Daerah Tahun 2023, ada 20 Kecamatan yang mendapat Piagam Penghargaan Bupati Garut karena telah lunas sebelum jatuh tempo bulan Oktober.  Selain Piagam Penghargaan Bupati Garut, juga diberi tambahan hadiah berupa televisi untuk Lunas Pertama, dan soundsytem untuk Lunas Kedua dan selanjutnya.  

Adapun daftar kecamatan penerima hadiah dan pembagian kriteria sebagai berikut:

  1. Target < 500 juta (Kecamatan Cigedug, Karangtengah, Pamulihan, Cihurip, dan Pangatikan)
  2. Target 500 juta s.d 1 milyar (Kecamatan Cisewu, Selaawi, Banjarwangi, Talegong, Sukawening, Cikajang, Cikelet, Wanaraja, Pameungpeuk, Cibiuk, dan Caringin).
  3. Target > 1 milyar  (Kecamatan Kadungora, Bungbulang, Leles, dan Bayongbong).


Karangtengah, 15 Desember 2023
PPID Kecamatan Karangtengah.