RSUD dr. Slamet Garut Bantu Penyelesaian Perbaikan Rutilahu di Kecamatan Karangtengah

SHARE

GARUT, KARANGTENGAH – Setelah membantu logistik kepada penerima bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu) yang terdampak Hidrometeorologi di Kecamatan Karangtengah pada awal dimulainya perbaikan, sekarang RSUD dr Slamet Garut membantu penyelesaiannya dengan menyerahkan bahan-bahan bangunan tambahan yang diusulkan desa melalui kecamatan pada Senin (2/1/2023) oleh Wakil Direktur Umum, Asep Hermawan beserta jajarannya.

Penyerahan bantuan ini merupakan komitmen RSUD dr Slamet Garut untuk dapat membantu semaksimal mungkin perbaikan-perbaikan rutilahu di Kabupaten Garut, khususnya Kecamatan Karangtengah sesuai penugasan pendampingan dari Bapak Bupati Garut, kata Wakil Direktur Umum, Asep Hermawan.

“Bahan-bahan bangunan yang diserahkan diantaranya semen, pasir, keramik lantai, pintu, jendela beserta kacanya, GRC/asbes juga kayu-kayu,” kata Wakil Direktur Umum, Asep Hermawan.

Sementara Itu Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, S.STP., M.Si, menjelaskan bahwa pembangunan 5 rutilahu di 4 desa se-Kecamatan Karangtengah sudah berlangsung dengan baik walaupun pencapaiannya berbeda-beda. Ada yang sudah mencapai 80 % di Kampung Cimasuk Desa Cintamanik, ada juga yang baru 30 % di Kampung Ancol Desa Sindanggalih.

“Adapun perbaikan rutilahu di Kampung Bojongsari dan Kampung Jeungjing Desa Cinta sudah mencapai 45 %. Begitu pun di Kampung Sukasirna Desa Caringin mencapai 45 %, tambahnya,” kata Camat Karangtengah.

Kata Camat, Hal ini berdasarkan bentuk, ukuran dan jenis perbaikan rumah yang dibangun berbeda-beda atas usulan dan kesiapan keluarga penerima yang didukung oleh swadaya warga sekitarnya. Namun berdasarkan perencanaan, pelaksanaan termasuk evaluasi dari panitia desa dan tim kecamatan, perbaikan 5 rutilahu

“Insya Alloh dapat selesai paling lambat bulan Februari 2023,” katanya.

Pada saat penyerahan bantuan kekurangan bahan bangunan, para penerima bantuan terlihat sangat terharu dan bahkan sempat menangis.

“Mereka menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati Garut, Direktur RSUD dr. Slamet, Camat Karangtengah, dan Kepala Desa masing-masing, atas perhatian dan kepeduliannya sehingga rumah yang selama ini terpaksa ditempati, dapat diperbaiki dan akan nyaman untuk keluarganya,” tandasnya.