Pemkab Garut Bantu Kebutuhan Air Bersih Warga Kampung Lampingsari

SHARE

Karangtengah – Seiring musim kemarau panjang dan kekeringan terjadi di berbagai wilayah termasuk Kampung Lampingsari Desa Sindanggalih Kecamatan Karangtengah.  Untuk atas kebutuhan air bersih warga daerah tersebut, Pemkab Garut melalui Pusdalops Penanganan Bencana BPBD menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 5.000 liter pada Selasa (10/10/2023) dan terlihat warga berbondong-bondong berkumpul dan rela mengantri untuk mendapatkan air bersih yang sudah ditunggu-tunggu.

Hal itu dibenarkan Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, S.STP., M.Si, yang pada saat penyaluran air bersih turun langsung bersama Satgas Bencana Kecamatan. Ia menjelaskan bahwa laporan kekeringan sudah disampaikan kepada BPBD sejak 5 Oktober 2023, dan alhamdulillah dengan jadwal yang cukup padat pendistribusian bantuan air bersih Pemkab Garut ke setiap wilayah yang kekeringan, akhirnya masyarakat Kampung Lampungsari dapat bantuan juga.

Sementara itu Danposramil Karangtengah, Serka Dadan, yang juga Satgas Bencana Kecamatan Karangtengah menambahkan bahwa Satgas bergerak cepat setelah diterima laporan kekeringan dari RW setempat dan bersama warga mencoba mengalirkan air dari aliran irigasi area pesawahan yang berjarak sekitar 150 m dibawah permukiman dengan ketinggian sekitar 50 m ke tempat penampungan dengan menggunakan pompa air yang berasal dari Lumbung Sosial Kecamatan.  Namun usaha ini tidak berhasil karena keterbatasan daya dorong mesin, ujarnya.

Ketua RW 04 Desa Sindanggalih atas nama seluruh warga Kampung Lampingsari, menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Garut yang telah memberikan bantuan air bersih kepada warganya. Kekurangan air bersih baru terjadi kali ini, karena sebelumnya selalu mengalir air bersih yang bersumber dari mata air Gombong walaupun sedang kemarau.

Karangtengah, 10 Oktober 2023
PPID Kecamatan Karangtengah