Kabarulem Ramaikan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Kecamatan Karangtengah

SHARE

Karangtengah.- Upacara puncak peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Kecamatan Karangtengah dilaksanakan di lapang sepakbola Kampung Sukalilah Desa Sindanggalih berlangsung hikmat, ramai dan tertib.

Berdasarkan keterangan dari Ketua PHBN Kecamatan Karangtengah, Asep Efendi, S.Pd, sebelum upacara penaikan dan penurunan bendera merah putih telah dilakukan beberapa perlombaan yaitu bulutangkis, bola voli, baris berbaris Linmas, poco-poco, pencak silat antar paguron, tumpeng, serta menyanyi lagu daerah.  

Dan yang sangat menarik serta diikuti secara antusias oleh pegawai dengan masyarakat yaitu lomba tradisional kabiasaan barudak lembur atau yang dikenal “kabarulem”. Yang dilombakan antara lain tarik tambang, engrang, dan bakiak.  Alhamdulillah pegawai instansi pemerintah maupun masyarakat, begitu antusias dan semangat ikut dalam berbagai perlombaan termasuk kabarulem.  Hal ini dimungkinkan karena masyarakat merindukan kemeriahan peringatan HUT RI yang sebelumnya sempat terhambat oleh COVID-19, katanya.  

Namun ada satu kegiatan yang batal dilaksanakan yaitu pawai yang diikuti oleh setiap desa se-Kecamatan Karangtengah yang sesuai kebiasaan masyarakat, akan berlangsung sangat meriah dan ditungu-tunggu.  Hal ini diantisipasi sesuai Surat Edaran Bupati tentang PPKM COVID-19 dimana Kabupaten Garut berada pada Level 1 dan tidak diperbolehkan adanya kerumunan masa yang berlebihan, tambah Asep Efendi.

Dudi Suryadi, yang baru ditugaskan selaku Camat Karangtengah, begitu bahagia dan bangga atas tertibnya  penyelenggaraan berbagai kegiatan dalam rangka Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tingkat Kecamatan Karangtengah.  Mudah-mudahan tahun yang akan depan bisa terus ditingkatkan, katanya.

Karangtengah, 17 Agustus 2022
PPID Kecamatan Karangtengah