Gebyar Peringatan Hari Santri Tingkat Kecamatan Karangtengah

SHARE

Karangtengah – Seiring pencabutan status pandemi Covid-19, gebyar terlihat pada peringatan Hari Santri Tahun 2023 Tingkat Kecamatan Karangtengah Minggu (22/10/2023) bertempat di Lapang Sepakbola Kp. Sukalilah Desa Sindanggalih dekat kantor kecamatan.

Ketua Panitia, Agung Ahmad Nurhadi, S.Pd.I menjelaskan bahwa berdasarkan hasil rapat dan guna bisa menampung kehadiran santri/santriwati seluruh Pontren, diputuskan lokasi Peringatan Hari Santri Tahun 2023 Tingkat Kecamatan Karangtengah di Lapang Sepakbola Kp. Sukalilah Desa Sindanggalih. Sebelum upacara, didahului dengan defile santri santri/santriwati setiap pontren, dan diakhiri dengan Pentas Kreasi Seni Islam, ujarnya.

Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, S.STP., M.Si, mengapresiasi Peringatan Hari Santri Tahun 2023 yang berlangsung cukup gebyar dan berjalan dengan lancar serta tertib. “Para santri/santriwati setiap Pontren terlihat begitu antusias mengikuti acara, mulai dari pawai, upacara, bahkan pentas kreasi seni sekalipun”, tambahnya. Dalam sambutan Bupati Garut yang dibacakan Camat selaku inspektur upacara, tema “Jihadkan Santri Jayakan Negeri” mengandung makna filosofis yang sangat mendalam dilihat dari sudut pandang histroris dan sudut pandang kekinian. Secara historis, para santri memiliki andil besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan republik indonesia, yang ditandai dengan dikumandangkannya “resolusi jihad” oleh KH. Hasyim Asy’ari pada tahun 1945. Sedangkan dari sudut pandang kekinian, jihad santri dapat dimaknai dengan kontribusi santri dalam pembangunan, santri memiliki peran penting di era transformasi digital. Kiprah santri teruji dalam mengokohkan pilar-pilar NKRI berdasarkan Pancasila yang bersendikan Bhineka Tunggal Ika.

Peringatan Hari Santri Tingkat Kecamatan berlangsung sampai sore hari yang diakhiri penampilan kreasi seni Islam para santri/santriwati setiap Pontren dan disaksikan oleh orangtuanya juga penduduk sekitar kantor Kecamatan Karangtengah.

Karangtengah, 22 Oktober 2023

PPID Kecamatan Karangtengah