Video MPI Karya Yuni Heryanti Raih Prestasi Membanggakan

SHARE

Karangtengah – Yuni Heryanti, guru SDN Caringin 2 Kecamatan Karangtengah meraih prestasi yang membanggakan melalui karya Video Media Pembelajaran Inovatif (MPI) ditetapkan sebagai Juara 1 dan mendapat hadiah yang diberikan langsung oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, pada Upacara Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-78 Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Alun-alun Garut pada Sabtu (25/11/2023).  

Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, S.STP, M.Si, ikut bahagia dan merasa bangga atas prestasi yang diraih oleh Bu Yuni.  “Hal ini akan memotivasi semua guru-guru yang lain untuk terus berinovasi dalam penerapan pembelajaran sebagaimana tema HGN Tahun 2023 yaitu “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar”, katanya.

Sementara Korwil Pendidikan Kecamatan Karangtengah, Endang , S,Pd., M.Pd, sangat mengapresiasi atas karya dan prestasinya. “Guru yang masih sangat muda tapi karya dan kreatifitasya luar biasa”, katanya. “Kondisi beliau yang sedang hamil tua tidak menyurutkan semangat untuk berkarya dan melakukan terobosan-terobosan inovatif khususnya dalam pembuatan dan penggunaan media pembelajaran yang rekreatif untuk membuat anak belajar dengan riang gembira (Student Welbeing).  Dan yang terpenting media tersebut efektif dalam penanaman konsep materi bagi siswa kelas bawah khususnya Fase A”, tambahnya. Saya berharap kedepannya mampu menciptakan karya-karya inovasi lain dan dapat menginsfirasi PTK lain agar dapat berkarya dan berinovasi dalam pembelajaran di kelasnya”, pungkasnya.

Berdasarkan penjelasan Bu Yuni, Media Pembelajaran Inovatif (MPI) yang dibuat yaitu "Snader Game Kit", atau lebih familiar dengan sebutan papan ular tangga.  “Ide ini muncul ketika saya menemukan problem pembelajaran di kelas yang saya ampu yaitu Kelas 1 SD”, jelasnya.  Dia mempertegas, “Dalam kurikulum merdeka ini, bagaimana seorang guru mampu mendidik dan mengajar pada anak sesuai fitrahnya. Banyak studi kasus yang kita temui tentang problem literasi dan numerasi di setiap jenjang, terkhusus di pendidikan dasar”.  

“Saya tidak menyangka pembuatan media yang saya buat semata-mata hanya untuk menunjang kebutuhan mengajar dikelas, namun ketika ada kompetisi LVMPI menjadi Juara 1 Tingkat Kabupaten Garut”, pungkasnya.

Karangtengah, 26 Nopember 2023
PPID Kecamatan Karangtengah