Tanamkan Pendewasaan Usia Perkawinan, Balai KB Kecamatan Karangtengah Melaksanakan Penyuluhan Remaja

SHARE

Karangtengah – Seiring masih banyaknya perkawinan remaja di bawah umur saat ini dengan berbagai alasan, maka perlu dilakukan pembinaan langsung kepada para remaja khususnya anak sekolah baik SMA, SMK maupun MA seperti yang dilaksanakan oleh Balai KB Kecamatan Karangtengah kepada siswa/i Madrasah Aliyah Al Jauhari dibawah Pondok Pesantren Al Jauhari pimpinan KH. DR. Jujun Junaedi yang berlokasi di Kampung Sangojar Desa Sindanggalih Kecamatan Karangtengah pada Jum’at (11/10/2024).

Berdasarkan penjelasan dari penyuluh Balai KB Kecamatan Karangtengah, Eneng Wulan Purnamasari, Amd.Keb, kegiatan ini dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan ke setiap sekolah termasuk kepada siswa siswi MA Al Jauhari. “Para pelajar adalah calon pengantin (catin) dan harus dididik sebelum nantinya melangsungkan pernikahan dan membentuk keluarga sehingga dapat terwujud keluarga yang bahagia lahir dan batin, melahirkan generasi yang berkualitas dan bermartabat”, jelasnya.

Kegiatan penyuluhan tersebut didukung dan dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK Kecamatan, Wiwit Rahmawati.  Dalam arahannya ia menjelaskan pentingnya para remaja mempersiapkan diri sebelum berkeluarga. “Untuk mewujudkan keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah tidak cukup dengan cinta saja”, ujarnya.

Selain TP PKK Kecamatan, kegiatan penyuluhan juga dihadiri Penyuluh KUA Kecamatan dan Tenaga Kesehatan Puskesmas Karangtengah.  Para santri-santriwati selain diberi pengarahan dan pendidikan calon pengantin oleh KUA,  juga diberi tambahan darah oleh petugas nakes untuk mencegah kurang darah para  santri-santriwati.  Selain itu juga dikenalkan Elsimil (Elektronik Siap Hamil) merupakan aplikasi yang ditujukan untuk pasangan calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan.

Karangtengah, 11 Oktober 2024
PPID Kecamatan Karangtengah