Sebelum Hujan Turun, Ada Rumah Terbakar di Kampung Patrol Desa Cinta

SHARE

Karangtengah – Musim hujan tidak menjamin tidak terjadinya kebakaran.  Hal ini pun terjadi di Kampung Patrol Desa Cinta pada Jum’at  (2/2/2024) siang sebelum waktu sholat Jum’at yang menimpa rumah penduduk milik Iwan, yang bekerja sebagai seorang buruh tani.

Berdasarkan penjelasan pemilik rumah, Iwan, pada waktu itu dia sedang bekerja di kebun atas perintah pemiliknya. Sedangkan di rumah ada anaknya yang masih kecil bersama ibunya yang sudah cukup tua dan mungkin sedang menanak nasi di tungku/hawu di dapur yang dindingnya ditutup bilik. “Karena tidak sengaja, ada suluh hawu yang merembet ke dinding dapur dan akhirnya menyebabkan kebakaran”, jelasnya.

Hal ini dibenarkan Ketua RT setempat yang melihat langsung dan membantu memadamkan kebakaran beserta warga sekitar rumah tersebut.  “‘Alhamdulillah dapat secepatnya dipadamkan dan tidak merembet ke bagian lain rumah tersebut”, ujarnya.
Sementara Camat Karangtengah, Dudi Suryadi bersama Kasi Trantib dan satpol PP Kecamatan turun langsung meninjau rumah yang terbakar tersebut. Ia menyayangkan telatnya penyampaian laporan dari RT dan RW ke Desa sehingga baru hari Selasa sore (6/2/2024) dicek oleh Satgas Bencana Kecamatan.  “Kalau melihat bangunan rumah yang sudah lama dan sebagian besar dindingnya terbuat dari bilik, sangat riskan terbakar habis.  Tapi Alhamdulillah dapat cepat dipadamkan sehingga tidak menjalar ke bagian lain rumah tersebut”, jelasnya.

Kades Cinta membenarkan penyampaian laporan dari RT/RW yang terlambat, padahal petugas desa selalu standby dalam pelayanan termasuk penanganan bencana. “Mungkin karena tidak ada korban jiwa dan kerabatnya pada datang menengok, pelaporan terlupakan”, ujarnya.

Terhadap keluarga korban kebakaran, Satgas Bencana Kecamatan Karangtengah langsung menyerahkan bantuan logistik sesuai keperluan dan ketersediaan di Lumbung Sosial kecamatan antara lain kasur, karpet, selimut, pakaian dewasa, makanan siap saji, dan peralatan dapur. Untuk logistik beras mendapat bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan sebanyak 6 paket masing-masing 4,5 kg/paket sehingga total 27 kg.

Karangtengah, 7 Februari 2024
PPID Kecamatan Karangtengah