Rangkaian HJG Ke-210, Anak-anak PAUD Antusias Ikut Festival Keluarga PAUD se-Kecamatan Karangtengah

SHARE

Karangtengah–Anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Kelompok Belajar (KOBER) se-Kecamatan Karangtengah beserta orangtuanya terlihat begitu antusias mengikuti Festival Keluarga PAUD Tahun 2023 yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Garut ke-210 bertempat di kolam wisata Hegar Pangatikan, Minggu (27/2/2023).

Berdasarkan penjelasan dari Ketua Panitia, Nita Kurnitasari, acara Festival Keluarga PAUD Tahun 2023 diselenggarakan oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kecamatan Karangtengah dan diikuti sekitar 360 anak-anak dari 18 Kelompok Belajar (KOBER) se-Kecamatan Karangtengah.

“Acara festival ini memperlombakan 3 cabang yaitu Rampak Sekar, Estafet Bola, dan Menggaris. Adapun pemenangnya akan dijadikan perwakilan Kecamatan Karangtengah pada Festival Keluarga PAUD Tingkat Kabupaten Garut,” katanya.

Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, S.STP., M.Si, pada saat sambutan sekaligus pembukaan acara tersebut mengapresiasi Antusiasnya anak-anak peserta festival yang didukung para orangtuanya.

“Hadirnya anak-anak KOBER dengan penuh semangat menunjukan bahwa penerapan pelaksanaan pendidikan anak-anak dibawah umur melalui KOBER telah sesuai tujuan dimana salah satunya yaitu meningkatkan kemampuan fisik dan mental anak,” Katanya.

Menurutnya, Anak-anak mengikuti kegiatan ini karena menyenangkan sekaligus bermanfaat sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar, membentuk karakter tidak mudah menyerah, belajar lebih mandiri, dan mengoptimalkan potensi anak.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah HIMPAUDI Kabupaten Garut, Andepi Daryana, M.Pd, pada saat sambutannya menjelaskan bahwa Festival Keluarga PAUD Tingkat Kabupaten Tahun 2023 ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Garut ke-210 dan puncaknya pada pada Selasa 28 Februari 2023 bertempat di Gedung Pendopo Garut.

“Festival tahun ini berkaitan erat dengan tema Hari Jadi Garut Ke-210 yaitu Purnamakarya Rucita Wibawa. “Purnamakarya” diartikan sebagai salah satu tahapan dari selesainya tahapan-tahapan atau proses pembangunan, sedangkan “Rucita Wibawa” yaitu kegemerlapan, kemajuan, kesejahteraan, serta membawa nama Garut dengan berbagai prestasi yang membanggakan,” ujarnya.

Pada saat acara pembukaan, dihadiri pula oleh Korwil Pendidikan, penilik KOBER, serta para guru-guru KOBER se-Kecamatan Karangtengah.