Dukung Kelancaran Pemilu, Bakesbangpol Laksanakan Pembinaan Wasbang Masyarakat Karangtengah

SHARE

Karangtengah - Dalam rangka mendukung kelancaran penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024, Badan Kesatuan Bangsa  dan Politik Kabupaten Garut melaksanakan pembinaan wawasan kebangsaan bagi masyarakat Kecamatan Karangtengah pada Selasa (7/3/2023) bertempat di Aula Kecamatan Karangtengah dengan tema “Momentum Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 Sebagai Wujud Pembinaan Kesadaran Bela Negara, Sarana Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Lingkungan Masyarakat”.


Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Wawasan Kebangsaan Badan Kesbangpol, Acep Ismail, S.IP, selaku penyelenggara kegiatan dalam laporannya menyampaikan ada dua maksud dan tujuannya dilakukan pembinaan wawasan kebangsaan yaitu secara psychological diantaranya untuk peningkatan pemahaman ideologi negara, kesadaran bela negara dan nilai-nilai luhur bangsa serta memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Adapun secara physical untuk pembinaan wawasan kebangsaan.
Adapun hasil yang diharapkan yaitu tersampaikannya peningkatan kesadaran berbangsa dan bernegara dan untuk membentuk karakter ataupun kepribadian masyarakat yang mampu berpikir kritis dan analisis, cerdas dan terampil, bersikap demokratis, berani memberi pendapat serta mau menerima dan menghargai pendapat orang lain dan berjiwa berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, tambahnya.


Sementara itu Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, S.STP., M.Si, pada saat sambutan sekaligus pembukaan acara tersebut.  menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Badan Kesbangpol atas dilaksanakannya kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan yang sangat penting guna kelancaran dan suksesnya proses demokrasi yaitu Pemilu dan Pemilhan Kepala Daerah Tahun 2024.  Ia mengharapkan, dengan adanya kegiatan pembinaan tersebut, mengingatkan warganya yang mempunyai hak pilih untuk benar-benar menggunakan haknya sebagai perwujudan bela negara dan penerapan ideologi Pancasila sebagaimana tema Pemilu 2024, ujarnya.  Khusus kepada para pemilih pemula, yaitu anak-anak SMA dan yang sederajat, Kecamatan Karangtengah juga akan melakukan pembinaan di sekolah-sekolah, tambahnya.


Pada kegiatan pembinaan tersebut, dihadiri para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan anggota Linmas se-Kecamatan Karangtengah.  Adapun yang menjadi nara sumber yaitu Heri Wawan S, S.IP, M.Si dari Satuan Intel KODIM 0611/Garut sekaligus akademisi yang mendidik di FISIP UNIGA.