Buka Jalur Cimasuk-Barudua Akibat Longsor, Warga Kampung Cimasuk Lakukan Gotong Royong

SHARE

Karangtengah –  Jalan kabupaten dari Kp. Cimasuk Desa Cintamanik Kecamatan Karangtengah ke Kp. Barudua Desa Barudua Kecamatan Malangbong tertimbun longsor akibat hujan deras sehingga akses jalan sempat ditutup.  Untuk mengatasi kejadian tersebut, penduduk Kampung Cimasuk turun langsung bergotong royong membersihkan jalan yang tertimbun longsor pada Jum’at (12/1/2024) bersama Satgas Bencana Desa Cintamanik dan Kecamatan Karangtengah.  

Kepala Desa Cintamanik, Cecep Supriyadi, menjelaskan bahwa telah terjadi 2 titik longsor di jalan Cimasuk arah Barudua akibat hujan pada minggu kedua bulan Januari 2024 yang mengakibatkan akses jalan ke Barudua juga Kadipaten Tasikmalaya lokasi PT. PGE Karaha tertutup, sehingga menghambat aktifitas para petani sekitar jalan dan juga pegawai PGE yang banyak berasal dari Kecamatan Karangtengah.  “Warga Kampung Cimasuk bahu membahu atas inisiatif sendiri untuk bergotong royong membersihkan longsor di 2 titik tersebut dan alhamdulillah sejak Jum’at ini akses jalan sudah dibuka dan bisa dilalui kembali”, ujarnya.

Sementara Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, mengapresiasi kepada Satgas Bencana Desa Cintamanik yang telah melakukan tindakan cepat dalam penanganan bencana tanah longsor.  “Kesadaran dan kepedulian warga Desa Cintamanik khususnya Kampung Cimasuk tidak diragukan lagi setiap ada kejadian bencana, apalagi jalan tersebut merupakan akses perekonomian warga karena banyak yang bekerja di PT. PGE Karaha”, jelasnya.

PT. PGE Karaha melalui Humasnya yang ikut gotong royong, Andre, menyampaikan terima kasih kepada Satgas Bencana Kecamatan Karangtengah dan Desa Cintamanik yang sangat peduli dan turun langsung menangani longsor yang menutup salah satu akses ke PGE.

Kegiatan gotong royong berlangsung dari pagisampai siang menjelang sholat Jum'at, dan berjalan lancar sampai tanah longsor bisa digeser sehingga jalan bisa dilalui lagi.  

Karangtengah, 12 Januari 2024
PPID Kecamatan Karangtengah