Usulan Prioritas Penyusunan RKPD 2024 Kecamatan Karangtengah Ditetapkan Melalui Musrenbang

SHARE

KARANGTENGAH – Sebagaimana tujuan Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Garut Tahun 2024 Tingkat Kecamatan sebagai forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas Tahun 2024, Kecamatan Karangtengah melaksanakan Musrenbang untuk menyepakati usulan-usulan desa yang menjadi prioritas tingkat kecamatan pada Rabu (8/02/2023).

Kegiatan Musrenbang tersebut dihadiri Tim Penyusunan RKPD Kabupaten Garut, Sekretaris Bappeda, Anggota DPRD Dapil 1 Fraksi PKS, Ir. H. Dede Salahudin, Forkopimcam, MUI Kecamatan dan Desa, TP PKK Kecamatan dan Desa, Kepala Desa dan BPD, BUMDes, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan Karang Taruna.

Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, S.STP., M.Si, pada sambutan sekaligus memaparkan pelaksanaan Penyusunan RPTK Kabupaten Garut Tahun 2024 Tingkat Kecamatan yang telah dimulai dengan rapat pemetaan masalah dan isu strategis, Musrenbang setiap Desa, Pra Musrenbang sampai Musrenbang.

Sesuai dengan prosedur pengajuan usulan Tahun 2024 untuk Desa/Kelurahan, setiap desa/kelurahan hanya mengajukan maksimal 5 usulan baik bidang Infrastruktur dan Pembangunan Wilayah (IPW), Ekonomi dan Sumber Daya Alam, maupun Pemerintahan dan Pembangunan Masyarakat (PPM).

Berdasarkan data hasil Musrenbangdes, paling banyak desa mengusulkan bidang IPW yaitu 12 usulan. Sedangkan bidang Ekonomi dan SDA 5 usulan, dan PPM 3 usulan, katanya.

Sementara anggota DPRD Dapil 1 Fraksi PKS, Ir. H. Dede Salahudin, menjelaskan bahwa walaupun wilayah Kecamatan Karangtengah tidak berada diposisi tengah Kabupten Garut, tapi banyak para pejabat baik pejabat pusat, propinsi maupun kabupaten berasal dari Kecamatan Karangtengah.

Begitupun wakil yang terpilih sebagai DPRD Kabupaten Garut Periode 2019-2024 Dapil 1, sebanyak dua orang asli berasal dari Kecamatan Karangtengah yaitu beliau dari PKS dan Hj. Ihat Soihat dari PKB.

Sebagaimana amanat sebagai wakil rakyat, ia bersama Hj. Ihat Soihat selalui berjuang habis-habisan mengaspirasi setiap usulan masyarakat Kecamatan Karangtengah, dan alhamdulillah selalu banyak yang yang bisa dibantu baik melalui DAU, Banprop maupun DAK, tambahnya.

Pada kesempatan yang lain, Sekretaris Bappeda Kabupaten Garut, Agus Kurniawan, S.Si., M.E dalam sambutannya menjelaskan Penyusunan RKPD Kabupaten Garut Tahun 2024 berpedoman pada RPJMD Kabupaten Garut 2019-2024 merupakan RKPD terakhir dibawah kepemimpinan Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati Garut yang akan berakhir masa jabatannya pada Januari 2024.

Sebagaimana Kamus Usulan 2024 yang sudah disusun lebih informatif dengan memperhatikan prioritas pembangunan daerah, dimana untuk tahun 2024 akan berfokus pada percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem. Maka saya harapkan setiap usulan yang akan ditetapkan pada Musrenbang Tingkat Kecamatan Karangtengah ini, memprioritaskan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Karangtengah tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain bertempat di GOR PGRI juga diramaikan dengan pelayanan kesehatan Puskesmas Karangtengah, pameran produk TP PKK setiap Desa serta seni pencaksilat mulai dari penyambutan sampai akhir acara.