Kecamatan Karangtengah, Penyelenggara Musrenbang Terbaik Tahun 2023

SHARE

Karangtengah – Kecamatan Karangtengah bersama  lima belas kecamatan lainnya mendapat piagam penghargaan dari Bupati Garut sebagai Penyelenggara Musrenbang  Terbaik Tingkat Kecamatan Tahun 2023 pada puncak acara Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Garut Tahun 2024 Kabupaten Garut di Hotel Harmoni, Selasa (14/3/2023).
Kepala Bappeda Kabupaten Garut, Drs. H. Didit Fajar Putradi, M.Si, pada penyampaian laporannya menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Garut melaksanakan tahapan Penyusunan RPKD Kabupaten Garut Tahun 2024 mulai dari kick off meeting perencanaan pada 26 Desember 2022 dilanjutkan Musrenbang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan sampai Musrenbang Kabupaten yang dilaksanakan pada Minggu ke-2 Maret 2023 tepatnya 14 Maret 2023.  


Hal ini dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerahtentang RPJPD dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD, bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten/Kota dilaksanakan paling lambat pada minggu keempat bulan Maret, ujarnya.
Pada Musrenbang Tingkat Kabupaten dilaksanakan dua tahap yaitu Sidang Kelompok Bidang Infrastruktur Kewilayahan, Perekonomian dan SDA serta Pemerintahan dan Pembangunan Manusia. Setelah disepakati setiap kelompok bidang dilanjutkan dengan Sidang Pleno untuk disepakati dan diusulkan kegiatan-kegiatan yang akan diusulkan pada Tahun  2024.


Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH., MH., MP, pada sambutan dan arahannya sekaligus Penutupan Musrenbang menyampaikan bahwa hasil Musrenbang akan menjadi dasar penyusunan KUA PPAS Tahun Anggaran 2024 yang merupakan tahun terakhir pelaksanaan RPJMD Kabupaten Garut 2019-2024 dibawah kepemimpinan beliau bersama Wakil Bupati Garut, dr. H. Helmi Budiman yang telah dipercaya warga Garut untuk memimpin selama dua periode.
Saya bersama dr. Helmi merasa masih banyak program-program yang belum dilaksanakan secara maksimal karena berbagai kendala, diantaranya terbatasnya anggaran khususnya DAU, dan PAD Kabupaten Garut.  Mudah-mudahan RKPD Tahun 2024 ini yang akan diaksanakan oleh Pj. Bupati Garut nanti, karena saya bertugas sampai 23 Januari 2024, dapat menyelesaikan RPJMD Kabupaten Garut 2019-2024 sebagai penjabaran Visi dan Misi saya dan dr. Helmi, tambahnya.


Pada acara Musrenbang teresebut, selain dihadiri Forkopimda, Tim Percepatan Pembangunan, SKPD, Organisasi, Akademisi juga  Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Barat secara virtual, dan Kepala Bappeda Propinsi Jawa Barat yang hadir langsung.
Sementara Camat Katangtengah, Dudi Suryadi, S.STP, M.Si, menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder atau pihak-pihak yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan Musrenbang mulai Musrenbang Tingkat Desa sampai Kecamatan.  Alhamdulillah atas kerjasama dan kolaborasinya, Kecamatan Karangtengah terpilih menjadi salah satu penyelenggara Musrenbang Terbaik Tingkat Kecamatan Tahun 2023, tambahnya.